PRESS RELEASE OPENING CEREMONY PKM MABA 2024

Malang, FH UB – Acara Opening Ceremony PKM MABA 2024 telah resmi diselenggarakan pada Minggu, 1 September 2024. Acara ini berlangsung di Ballroom Munir, Gedung B, Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya. Opening ceremony tersebut menandai dimulainya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk mahasiswa baru tahun 2024 di Universitas Brawijaya.

Acara Opening Ceremony PKM MABA 2024 dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru angkatan 2024.

PKM MABA 2024 adalah bagian dari upaya untuk mempersiapkan mahasiswa baru dalam mengikuti program PKM ditahun tahun berikutnya, untuk itu PKM MABA 2024 bertujuan untuk melatih kemampuan kepenulisan proposal dan meningkatkan kreativitas mahasiswa baru, sehingga mereka dapat memiliki kemampuan menulis ilmiah yang baik. PKM MABA FH UB 2024 juga merupakan bagian dari kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) FH UB 2024. Kegiatan ini juga dijadikan sebagai indicator kelulusan dan bersifat wajib bagi seluruh mahasiswa baru Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya

Mobilisasi peserta menuju Ballroom Munir dilakukan pada pukul 07.00 hingga 07.15 WIB. Acara dimulai dengan penampilan tari tradisional oleh FORDA Banyuwangi, yang membawa unsur budaya daerah ke dalam acara dan dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib untuk mengarahkan jalannya acara secara tertib dan terstruktur. Setelah itu, pembukaan oleh Master of Ceremony untuk menyambut peserta PKM MABA Tahun 2024.

Pembukaan PKM MABA 2024 secara simbolis ditandai dengan pemutaran video recap kegiatan serta prosesi pemotongan pita oleh Dr. Muktiono, S.H., M.H., selaku Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Momen ini menjadi simbol resmi dimulainya rangkaian kegiatan PKM untuk mahasiswa baru tahun 2024.

Pemaparan pertama disampaikan oleh Joko Prasetyo, STP., M.Si., yang menjelaskan tentang Program Kreativitas Mahasiswa. Dalam pemaparannya, Joko menekankan pentingnya menciptakan karya yang inovatif, solutif, dan kekinian. Selain itu, Joko juga memberikan penjelasan mendetail mengenai sejarah juara dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), serta membagikan tips-tips yang dapat diterapkan oleh mahasiswa sebelum menulis proposal PKM, untuk meningkatkan peluang keberhasilan proposal tersebut.

Materi kedua disampaikan oleh Nidaan Khofiya, yang memaparkan bagaimana cara mempersiapkan PKM dengan baik agar memiliki peluang besar untuk lolos dan maju menuju PIMNAS. Nidaan juga menjelaskan secara rinci mengenai cara-cara menyusun proposal yang baik, termasuk langkah-langkah penting yang harus diperhatikan dalam penulisan proposal, agar sesuai dengan standar dan kriteria yang diharapkan dalam seleksi PKM.

Setelah pemaparan materi umum, para peserta PKM MABA 2024 diarahkan menuju ruang kelas sesuai dengan skema PKM yang telah dibagikan sebelumnya. Di dalam kelas, para peserta menerima materi lebih spesifik terkait dengan skema PKM masing-masing, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai topik yang mereka pilih. Hal ini membantu peserta dalam mempersiapkan karya dan proposal sesuai dengan bidang mereka.

Opening Ceremony PKM MABA 2024 ditutup dengan pembacaan penugasan penyusunan proposal, setelah seluruh mahasiswa diarahkan kembali ke Ballroom Munir. Setelah penugasan

disampaikan, acara diakhiri dengan penutupan, diikuti oleh mobilisasi mahasiswa baru untuk pulang.

Postingan Lain