PRESS RELEASE FKPH BEDAH BUKU 2024

Malang – Minggu, 18 Agustus  2024 Forum Kajian dan Penelitian Hukum (FKPH) Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) telah sukses menyelenggarakan salah satu program kerja yang terdapat pada bidang PSDM yaitu acara FKPH Bedah Buku 2024 yang membahas buku “Karakteristik dan Pertanggungjawaban Hukum Oligarki dalam Tata Kelola Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam,” karya Prof. Dr. Rachmad Safa’at, S.H., M.Si. yang sukses diselenggarakan pada pukul 12.30-15.17 WIB melalui zoom meeting. Kegiatan webinar yang secara terbuka dapat dihadiri oleh mahasiswa/I aktif serta kalangan umum dan diisi oleh Prof. Dr. Rachmad Safa’at, S.H., M.Si. selaku dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya serta penulis buku “Karakteristik dan Pertanggungjawaban Hukum Oligarki dalam Tata Kelola Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam”.

FKPH Bedah Buku 2024 merupakan salah satu program kerja Bidang PSDM FKPH 2024 yang diselenggarakan dengan tujuan Membahas isi dan pesan utama buku “Karakteristik dan Pertanggungjawaban Hukum Oligarki dalam Tata Kelola Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam” karya Prof. Dr. Rachmad Safa’at, S.H., M.Si., menganalisis dampak politik oligarki terhadap demokrasi di Indonesia, dan mendorong diskusi dan pertukaran pemikiran antara peserta seminar tentang solusi untuk mengatasi masalah politik oligarki. Webinar ini dipandu oleh Master of Ceremony (MC) Rio Wijaya yang merupakan salah satu staf Bidang Humas FKPH 23 dan Venessa Angelina Queentin sebagai moderator yang merupakan salah satu staf Bidang PSDM FKPH 23. Webinar ini menghadirkan dua pemateri yang tentunya jam terbang sudah jauh dan tentunya berpengalaman di bidangnya 

Pemateri FKPH Bedah Buku 2024 adalah Prof. Dr. Rachmad Safa’at, S.H., M.Si., selaku dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya serta penulis buku “Karakteristik dan Pertanggungjawaban Hukum Oligarki dalam Tata Kelola Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam”. Beliau membahas buku yang ditulisnya secara mendalam dengan menjabarkan konsep oligarki, tanggung jawab dalam hukum oligarki, dan masih banyak hal lainnya yang terkait dalam buku tersebut.

Webinar ini terjalin secara dua arah dengan adanya sesi tanya-jawab dan diskusi sehingga para peserta mendapatkan insight atau ilmu baru dengan diberi kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan Prof. Dr. Rachmad Safa’at, S.H., M.Si. Setelahnya, dilakukan closing statement oleh moderator dan penyerahan sertifikat kepada pemateri oleh Direktur Utama FKPH. 

Sebelum menutup rangkaian acara, diadakan sesi games yang sangat menarik yang telah disiapkan oleh panitia melalui Quizizz. Pada Quizizz, pertanyaan yang disediakan berupa pertanyaan ringan yang berkaitan dengan acara FKPH Bedah Buku 2024. Dalam sesi ini, Master of Ceremony (MC) dan salah satu staf acara FKPH Bedah Buku 2024 menjadi pemandu dari awal hingga akhir. Sebagai bentuk apresiasi, panitia akan  memberikan hadiah kepada pemenang peringkat pertama sesi games. Akhirnya, pada penghujung acara, dilakukannya pengumuman penghargaan kepada pemenang games dan peserta teraktif pada acara FKPH Bedah Buku 2024. Kegiatan berakhir dengan sesi dokumentasi bersama peserta FKPH Bedah Buku 2024. 

Postingan Lain